Berita Terpilih

Batik dan Perak Jadi Produk Unggulan Daerah Yogyakarta

Fri, 02/27/2015 - 19:08 -- nofrilawati

Setiap daerah memiliki produk unggulan, seperti Yogyakarta yang akan terus fokus mengembangkan yang sudah menjadi ikon kota tersebut yaitu kerajinan batik dan perak.

Batik pasti tetap menjadi fokus pengembangan. Selain kaya akan budaya dan nilai-nilai leluhur, pelaku batik di Yogyakarta juga sangat banyak, kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun dikutip dari Antara News.

Upaya pengembangan batik akan dilakukan dengan menggelar lomba desain motif batik yang menggabungkan motif batik khas Yogyakarta dengan desain baru yang inovatif.

Yang pasti, desain motif batik yang akan diikutkan lomba itu harus memiliki filosofi tersendiri. Peserta juga harus benar-benar memikirkan agar motif tersebut tidak hanya bagus saat digambar saja tetapi juga bagus saat sudah dituangkan di kain sebagai batik, ujarnya.

Sedangkan untuk perajin perak, membutuhkan banyak perhatian dari pemerintah karena masih banyak perajin yang kesulitan memperoleh bahan baku, ungkapnya.

Banyak konsumen manca negara yang menyukai desain kerajinan perak produksi perajin di Yogyakarta. Jika dari sisi desain, para perajin sudah cukup mampu bersaing, hanya saja yang mereka butuhkan adalah ketersediaan bahan baku, katanya.

Yogyakarta memiliki tujuh produk unggulan daerah pada 2015, di antaranya adalah batik, perak, bakpia dan gudeg.

Foto : pesonawisatajogja.wordpress.com

Category: