Berita Terpilih

Balitbangtan Kembangkan Penangkal Kanker Dari Ubi Jalar Varietas Antin 1

Wed, 01/07/2015 - 19:40 -- nofrilawati

Ubi jalar ungu dapat dikembangkan sebagai penangkal kangker. Inovasi tim peneliti Balitbangtan ini berhasil mengembangkan ubi jalar varietas antin 1 yang memiliki potensi hasil tinggi dan toleran terhadap kekeringan.

Pigmen ubi jalar yang bewarna ungu mengandung antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan dan memiliki potensi untuk dikembangkan secara komersial sebagai bahan industri pangan olahan, dan juga sebagai bahan baku industri farmasi.

Ubi jalar varietas antin 1 memiliki kandungan zat antosianin sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan, kanker, dan penyakit degenerarif lainnya.

Ubi jalar antin 1 merupakan hasil persilangan antara varietas lokal Samarinda dari Blitar dengan Kinta varietas lokal Papua, ujar salah satu peneliti, M Yusuf, dikutip dari Majalah Sains Indonesia, Balitbangtan, Kementerian Pertanian.

Varietas ini toleran terhadap kekeringan, mengandung zat antosianin hingga 33,39 mg/100 gram dan memiliki corak warna yang atraktif, yaitu bewarna ungu bercampur putih pada daging umbi, katanya.

Foto : gapeksindomajalengka.org

Category: