Berita Terpilih

Balitbangtan Kembangkan Beras Dari Ubi Jalar

Mon, 02/16/2015 - 18:50 -- nofrilawati

Banyaknya sumber pangan yang belum dimanfaatkan secara optimal membuat peneliti dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Heti Herawati dan Sri Widowati melakukan penelitian seputar pembuatan beras mutiara yang berasal dari ubi jalar.

Bahan baku beras mutiara dari tepung dan pati ubi jalar. Formula beras mutiara dengan perbandingan tepung:pati = 80:20, ujar Sri, dikutip dari Majalah Sains Indonesia, Balitbangtan, Kementerian Pertanian.

Beras ini mempunyai kandungan protein, lemak, karbohidrat, serat pangan larut, serat pangan tak larut, amilosa, dan daya cerna pati.

Tepung ubi jalar dibuat melalui tahap pengupasan dan pencucian umbi, pengirisan umbi hingga tipis agar proses pengeringan lebih cepat. Kemudian sawut direndam dalam sodium bisulfit 0,3% selama 1 jam untuk mempertahankan warna ubi. Selanjutnya sawut dipres dan dikeringkan dalam oven suhu 60 derajat Celsius selama 12 jam. Setelah kering sawut digiling menjadi tepung.

Sedangkan untuk pati ubi jalar dibuat melalui tahap pencucian ubi yang tidak dikupas dengan cara penyikatan, pemarutan, dan pengadukan atau pemerasan, penyaringan dan pengemdapan. Endapan tersebut dikeringkan dengan oven suhu 60 derajat celcius sampai kering.

Menurut Sri, prinsip pembuatan beras mutiara adalah adonan tersebut dari tepung ubi jalar, pati ubi jalar, dan air dengan formula tertentu, dibentuk butiran, disangrai lalu dikeringkan.

Foto : herbal-id.com

Category: