Berita Terpilih

Balitbangtan Kembangkan Alat Pemipil Jagung

Thu, 04/09/2015 - 19:17 -- nofrilawati

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pertanian kembangkan alat pemipil jagung berkelobot. Alat ini dapat digunakan tanpa harus mengupas kelabot dari tongol jagung, digerakkan dengan motor penggerak diesel 6-7 HP.

Komponen utama alat ini adalah silinder pemipil yang memiliki gigi pemipil yang tidak sama tingginya. Hal ini untuk memudahkan pemipilan dan memisahkan jagung pipilan dengan tongkol/janggel dan kelobotnya. Pada silinder pemipil dilengkapi dengan plat yang berfungsi sebagai pelempar kelobot. Mesin ini juga dilengkapi rakitan ayakan untuk memisahkan jagung dan kelobot.

Keunggulan mesin ini adalah tidak perlu mengupas kelobot pada proses pemipilan sehingga lebih efisiensi dari segi waktu, tingkat kerusakan biji juga rendah karena kelobotnya dapat berfungsi sebagai bantalan pada saat proses pemipilan biji.

Dikutip dari Majalah Sains Indonesia, Balitbangtan, Kementerian Pertanian, teknologi pemipil jagung berkelobot ini dapat dikembangkan oleh industri alat dan mesin pertanian maupun industri pakan ternak dan industri perbenihan berbasis jagung.

Inovasi teknologi ini sungguh bermanfaat untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya dalam proses pengolahan pasca panen jagung. Alat ini diharapkan dapat mendukung salah satu program prioritas pemerintah, yakni swasembada berkelanjutan untuk komoditi jagung.