Berita Terpilih

Bali dan Seni Tarinya

Tue, 02/18/2014 - 17:05 -- nofrilawati

Bali, pulau yang terkenal dengan sebutan pulau Dewata ini, selain memiliki keindahan alam juga memiliki kesenian yang sampai saat ini masih terjaga kelestariannya. Salah satu kesenian yang masih terpelihara dengan baik dan menjadi bagian dari masyarakat Bali adalah Tari Bali.

Sebelum agama Hindu masuk ke Bali, masyarakat setempat yang masih primitif telah memiliki jenis-jenis tari yang berfungsi untuk menolak bala yang hingga kini masih dijumpai di daerah pedesaan dan pegunungan, kata Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Kadek Suartaya, seperti dikutip dari Antara News.

Tarian Bali mengalami masa keemasan pada zaman kejayaan kerajaan Bali abad XV – XIX dengan terciptanya sejumlah drama tari, diantaranya dramatari Gambuh yang dinilai sebagai sumber tari Bali yang berkembang sesudahnya.

Sebagai hasil olah cipta, rasa, serta karsa masyarakat dan seniman Bali, tari Bali sangat diikat oleh nilai-nilai budaya Hindu Bali, ujar Kadek Suartaya.

Masyarakat Bali mengklasifikasikan seni tari menjadi tiga, pertama Tari Wali, merupakan jenis-jenis tari Bali yang berfungsi sakral, hanya dapat dipentaskan pada tempat, waktu, dan suasana yang dianggap suci.

Kedua Tari Bebali adalah tarian seremonial yang dipentaskan melengkapi ritual keagamaan. Terakhir Tari Balih-Balihan merupakan seni pertunjukkan bersifat sekuler yang disajikan di arena profan.

Foto : bimbingan.org

Category: