Berita Terpilih

Balai Penelitian Pertanian Olah Sorgum Jadi Tepung

Fri, 12/11/2015 - 17:26 -- nofrilawati

Sebagai salah satu komoditas pangan asli Indonesia, Sorgum belum banyak dibudidayakan oleh masyarakat jadi bahan pangan. Untuk itu, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian melakukan inovasi dengan mengolah sorgum menjadi tepung.

"Kami sudah memiliki teknologi penepungan sorgum ini sehingga nantinya (tepung sorgum) bisa diperbanyak oleh masyarakat," kata Pelaksana Harian Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Ridwan Rachmat, dikutip dari Antara News.

Sorgum memiliki kandungan glutenin yang lebih rendah dari gandum sehingga lebih menyehatkan daripada tepung terigu. Selain itu, sorgum memiliki berbagai keunggulan dibandingkan tanaman pangan lain yakni dapat ditanam di lahan suboptimal tanpa pemupukan dan bisa dikembangkan di lahan gambut, jelasnya.

Teknologi pengolahan biji sorgum menjadi tepung dibuat oleh Dr. Endang Yuli Purwani, peneliti Balai Besar Pascapanen Pertanian.

Saat ini, Balai Besar Pascapanen Pertanian mengembangkan sejumlah Model Agro Industri (MAI) sorgum, antara lain di Kabupaten Lamongan dan Madura Jawa Timur.

Foto : wisnuvegetarianorganic.wordpress.com