Berita Terpilih

Bahasa Indonesia Layak Jadi Bahasa ASEAN

Tue, 12/22/2015 - 17:22 -- nofrilawati

Berasal dari negara dengan penduduk yang besar, Bahasa Indonesia dinilai layak menjadi bahasa ASEAN. Untuk itu Bahasa Indonesia perlu diinternasionalisasi agar bisa menjadi bahasa resmi ASEAN.

"Kenyataannya, pada saat ini Bahasa Indonesia kalah bersaing dan terancam tergeser oleh Bahasa Inggris dalam pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," ungkap Pakar Bahasa dari Institut Teknologi Bandung, Mahsun, dikutip dari Antara News.
Jika Bahasa Indonesia tidak digunakan dalam MEA, maka Indonesia akan kehilangan identitasnya karena semakin banyak negara lain belajar bahasa negara itu, maka negara itu semakin diakui. MEA merupakan era persaingan, hanya bangsa yang memiliki identitas kuat yang bisa memenangkan persaingan, ujarnya.

Sementara itu Guru Besar Tetap bidang Linguistik Universitas Mataram Prof. Dr. Mahsun, M.S, mengatakan "Bahasa Indonesia berasal dari negara dengan penduduk sekitar 250 juta, seharusnya bisa menjadi bahasa ASEAN".

Bahasa Indonesia memang hanya memiliki 90.000 kosa kata tetapi mempunyai strategi gramatikal untuk menciptakan kata baru. Sehingga, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kaya, ujarnya.

Selain itu, budayawan Indonesia Franz Magnis Suseno mengatakan "Dalam bahasa Indonesia kita bisa ungkapkan apa saja. Jadi masuk akal kalau bahasa Indonesia diakui di ASEAN. Bahasa Indonesia itu sempurna. Tidak kaku dan bisa berkembang".

Foto : antaranews.com

Category: