Berita Terpilih

Bahan Pangan Tinggi Protein Dari Limbah Tahu

Wed, 06/22/2016 - 15:06 -- nofrilawati

Bahan pangan yang berpotensi sebagai sumber protein masa depan berhasil ditemukan empat orang mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (UB) Malang. Bahan pangan yang berbahan baku perpaduan antara mikroalga Nannochloropsis sp dengan limbah tahu itu ditemukan oleh Ahfad Ulfa, Dini N, Galuh Aulia, dan Olivia Dirga.

"Bahan pangan tinggi protein yang berpotensi menjadi sumber protein masa depan bagi hidup manusia ini kami beri nama Nanno Healthy Powder. Temuan ini merupakn sebuah produk suplemen bubuk yang berasal dari mikroalga Nannocloropsis sp dengan kandungan protein sebesar 52,11 persen, karbohidrat 16 persen, lemak 27,64 persen, dan klorofil 0,89 persen," kata Ketua Tim Penemuan Nanno Healthy Powder tersebut, Ahfad Ulfa, dikutip dari Antara News.

Inovasi produksi bahan pangan tinggi protein ini melalui peningkatan nutrisi pertumbuhan alga Nannochloropsis sp dengan penambahan limbah cair tahu.

"Melimpahnya limbah cair tahu yang tidak termanfaatkan menjadi latar belakang kami membuat produk ini, padahal berdasarkan uji laboratorium, masih banyak terdapat kandungan nutrisi pada limbah itu," jelas Ulfa.

Beberapa zat penting yang terkadung dalam limbah tahu di antaranya adalah ammonium, fosfat dan nitrat, ungkapnya.

Kandungan nutrisi terbesar dalam Nannochloropsis sp adalah protein, sehingga produk Nanno Healthy sangat berpotensi sebagai sumber protein masa depan bagi kebutuhan hidup manusia. "Berdasarkan uji laboratorium, kandungan protein alga lebih tinggi dibandingan hewan dan tumbuhan," katanya.

Foto : lordbroken.wordpress.com