Berita Terpilih

ATM Ini Bisa Keluarkan Beras

Thu, 12/08/2016 - 18:57 -- nofrilawati

Bantu kaum dhuafa (fakir miskin) yang betul-betul kelaparan karena kemiskinannya, Alumni pengurus Rumah Amal Salman Institut Teknologi Bandung (ITB), Budiaji, menciptakan sebuah mesin anjungan terima beras (ATM) yang ditempatkan di pelataran Masjid Salman ITB Jalan Ganesha Kota Bandung.

ATM Beras ini memiliki ukuran 60 cm x 60 cm x 160 cm, berbentuk kotak seperti lemari dan sangat mirip dengan mesin ATM biasa. ATM Beras ini dilengkap dengan perangkat elektronik yakni modem hybrid untuk network GSM/satelit untuk daerah terpencil, serta sistem kontrol dan pemantauan berbasis M2M (machine to machine) atau IoT (Internet of Things).

"Jadi ATM Beras ini adalah perangkat yang bisa mengeluarkan beras dalam jumlah tertentu secara otomatis. Cara kerjanya ialah beras keluar dengan cara menempelkan kartu RFID (Radio Frequency Identification) atau kartu elektronik lainnya di bagian tertentu berbentuk card reader pada perangkat tersebut," kata Manajer Penelitian dan Pengembangan Rumah Amal Salman ITB Romi Hadriyansyah, dikutip dari Antara News.

Ada 49 warga di sekitar Masjid Salman ITB yang bisa mengambil beras dari ATM Beras tersebut.

"Sebelumnya kami telah melakukan survei terhadap warga yang berhak menerima. Kemudian, kepada mereka akan dibagikan kartu RFID untuk mengambil beras secara gratis di ATM Beras sesuai jumlah dan waktu yang telah ditentukan, untuk tahap awal ada 49 warga," jelasnya.

Rencananya ke depan ATM Beras akan disebar ke beberapa masjid yang ada di Kota Bandung, katanya.

Foto : Metrojambi.com