Berita Terpilih

"Astutik" Kompor Listrik Untuk Membatik

Thu, 01/23/2014 - 13:55 -- nofrilawati

Membatik telah menjadi tradisi masyarakat yang berada di sentra sentra batik. Untuk membatik dibutuhkan beberapa peralatan, salah satunya kompor untuk memanaskan malam dan selama ini pembatik menggunakan kompor minyak tanah dan listrik.

Naiknya Tarif Dasar Listrik dan dihapusnya subsidi minyak tanah membuat biaya produksi batik semakin mahal, sehingga menginspirasi beberapa mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk menciptakan inovasi kompor batik yang disebut Astutik.

Astutik adalah kompor listrik untuk membatik yang secara otomatis dapat mengatur kestabilan suhu pada malam batik. Kompor Astutik dapat bekerja dan mendeteksi jenis atau kriteria malam yang dipakai maka pada saat mencapai suhu yang telah ditentukan panas akan tetap stabil pada suhu tersebut, sehingga panas yang dihasilkan menjadi tetap konsisten dan malam batik dapat menempel sempurna di kain.

Beberapa keunggulan dari kompor listrik Astutik, diantaranya dengan suhu yang tepat maka malam lebih hemat dan aman, tidak menetesnya malam yang berada di canting sehingga tidak membuat polusi, harga jual tidak jauh berbeda dengan produk sejenis, dan lebih efisien dan ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan minyak tanah dan listrik.

Category: