Berita Terpilih

Aplikasi Posyandu Berbasis Android diluncurkan

Tue, 03/01/2016 - 18:02 -- nofrilawati

Wahana Visi Indonesia (WVI) bersama HSBC luncurkan Aplikasi posyandu berbasis digital "mPosyandu" melalui program Pos Pintar (Posyandu Pintar untuk Anak Sehat dan Cerdas). Aplikasi mPosyandu dapat digunakan untuk memantau tumbuh kembang dan konseling gizi yang lebih berkualitas.

"mPosyandu pengganti si buku besar. Aplikasi ini membantu akurasi data karena semua data terpusat ke server. Selain itu, aplikasi ini juga membantu kader dan Ibu untuk melakukan konseling," kata Yosellina, Project Manager Pos Pintar, dikutip dari Antara News.

"mPosyandu diharapkan dapat meningkatkan kualitas data posyandu, meningkatkan pemanfaatan data posyandu untuk pengambilan keputusan, dan meningkatkan konseling pemberian makan pada bayi dan anak," ujarnya.

Uji coba penggunaan aplikasi mPosyandu telah dilakukan pada 2013-2015 oleh WVI di wilayah Sikka (NTT) dan Cilincing (DKI Jakarta). Dari uji coba tersebut, diketahui bahwa 56,7 persen kader dengan ponsel memberikan umpan balik. "Kartu biasa tidak ada feedback, setelah ada aplikasi lebih banyak feedback," kata Yosellina.

"Mudah-mudahan dengan konsep ini terbangunlah sebuah komunikasi. Sehingga Pos Pintar ini dapat menyelamatkan anak dengan gizi buruk, dan dapat meningkatkan kualitas SDM di Indonesia," kata Doddy Izwardi, Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan.

Aplikasi mPosyandu dapat diunduh melalui ponsel pintar berbasis Android.

Foto : life.viva.co.id