Berita Terpilih

Aplikasi Lokal Yang Terus Berkembang

Mon, 01/25/2016 - 13:03 -- nofrilawati

Pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta dari 252,4 juta total jumlah penduduk, ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial bagi aplikasi-aplikasi global.

Kini aplikasi lokal mulai bermunculan di Indonesia, namun sayang tak setenar aplikasi global.

“Secara teknologi, aplikasi lokal tak kalah. Hanya waktu mereka datang saja yang kurang tepat. Masyarakat Indonesia sudah terlanjur menggunakan aplikasi luar. Jika tiba-tiba diblok maka banyak masyarakat yang protes, karena data-data mereka sudah terlanjur tersimpan disana. Bisa dibilang aplikasi lokal seperti bayi yang bersaing dengan orang dewasa yang sudah banyak pengalaman,” kata Henri Kasyfi, Sekrertaris Jendral Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Sebagai salah satu cara untuk membentuk ekosistem digital di Indonesia maka Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI), Klik Indonesia, dan Teknopreneur Indonesia melaksanakan sebuah kegiatan yang disebut Liga Digital Indonesia.

Liga ini dibentuk bertujuan untuk memunculkan aplikasi-aplikasi nasional unggulan yang selanjutnya didorong agar dapat bersaing dengan aplikasi-aplikasi global yang selama ini mendominasi pasar nasional sekaligus memperkuat keberadaan ekosistem digital nasional. Selain itu liga ini dibentuk agar jumlah dan kualitas developer- developer lokal meningkat, sehingga menambah daya saing.

Para peserta yang sudah mendaftarkan aplikasinya akan disediakan platform sehingga dapat membantu peserta di tahap awal masuk ke pasar. Liga Digital dibagi dalam lima kategori yaitu permainan, komunikasi atau sosmed, produktivitas, edukasi dan lainnya, ujar ketua Liga Digital Indonesia Adie Marzuki.

Puncak acara Liga Digital Indonesia adalah Mobile Developers Gathering (MDG) yakni acara mempertemukan para pengembang aplikasi selular dengan segenap pelaku industri dalam ekosistem industri digital. Mobile Developers Gathering (MDG) diselenggarakan pada Sabtu, 23 Januari 2015 di Universitas Bina Nusantara.

Category: