Berita Terpilih

Aplikasi ini Dapat Deteksi dan Panggil Ikan di Kedalaman 100 Meter

Mon, 02/06/2017 - 12:26 -- nofrilawati

Aplikasi berbasis android inovasi Afis Sabi Masrury mahasiswa Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) ini dapat mempermudah nelayan mendeteksi dan memanggil ikan di kedalaman laut 100 meter.

Latar belakang dikembangkannya aplikasi yang diberi nama "Fish Finder" ini karena banyak nelayan yang telah menggunakan telepon genggam pintar berbasis android, sehingga nelayan akan mudah menjangkau dan menggunakannya, jelas Afis.

"Sebenarnya teknologi Fish Finder itu sudah ada cuma harganya cukup mahal, yakni mencapai puluhan juta rupiah. Sehingga, saya mencoba mengembangkan yang terjangkau untuk nelayan," kata Afis, dikutip dari Antara News.

Penggunaan smartphone ialah sebagai pengganti posisi GPS Garmin dalam membaca hasil pembacaan sensor fish finder, jelasnya.

Selain itu, dengan teknologi bluetooth yang cukup canggih dapat menghemat biaya pengeluaran nelayan karena tidak perlu membeli pulsa paketan untuk menghubungkannya dengan alat pembaca lokasi ikan.

"Untuk pemakaiannya, alat ini cukup dipasang di dasar atau samping perahu. Dengan sendirinya alat ini bisa mendeteksi keberadaan ikan di lokasi nelayan yang sedang berhenti," ungkapnya.

Foto : Kabar Indonesia Pintar