Berita Terpilih

34 Provinsi Ikuti Pawai Budaya Kreatif

Thu, 08/14/2014 - 14:33 -- nofrilawati

Menyambut hari ulang tahun ke-69 Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar pawai budaya kreatif dengan tema "Indonesia Bersatu" pada 18 Agustus mendatang di seputar kawasan Medan Merdeka dan Istana.

Pawai tersebut akan dimulai pada pukul 14.00 WIB dan diikuti para peserta dari Tanah Air, juga dihadiri putra-putri pariwisata dari 34 provinsi. Para peserta dari daerah tidak saja akan menampilkan mobil hias yang memperlihatkan sejumlah keunggulan lokal, tetapi juga memperlihatkan beragam bentuk kreativitas para seniman yang diwujudkan dalam bentuk tari, musik, dan tampilan menarik lainnya, ujar Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasiskan Seni dan Budaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kretif (Kemenparekraf) Ahman Sya, dikutip dari Antara News.

Salah satu wujud keberhasilan kepariwisataan Indonesia adalah pengakuan dari wisman (wisatawan mancanegara), bahwa Indonesia menjadi destinasi wisata yang menarik karena kelengkapan dan keunikan pesona alamnya, keramahan penduduknya, dan sejumlah keunggulan lain baik di bidang seni budaya maupun kuliner dan pesona atraktif seni pertunjukannya, katanya.

Selain itu, Direktur Pengembangan Seni Pertunjukan dan Industri Musik, Juju Masunah mengatakan pawai budaya kreatif tahun ini akan dimulai dengan beberapa atraksi penampilan marching band di antaranya dari Istiqlal dan Pupuk Kaltim kemudian diikuti parade mobil hias yang akan memperlihatkan uniknya keberagaman dan warna pembangunan di daerah.

Diharapkan pergelaran pawai budaya kreatif ini dapat meningkatkan kreativitas karya seni pertunjukan dalam bentuk karnaval bercirikan budaya Indonesia serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni dan budaya Indonesia.

Category: