Berita Terpilih

33 Tokoh Sastra Dinobatkan Sebagai Tokoh Sastra Paling Berpengaruh Di Indonesia

Tue, 01/07/2014 - 14:53 -- nofrilawati

Sebagai bentuk penghargaan kepada tokoh sastra Indonesia, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin dan Tim 8 memilih 33 tokoh sastra paling berpengaruh di Indonesia sejak tahun 1900 hingga kini dan dituangkan dalam sebuah buku.

Tim 8 beranggotakan Jamal D Rahman, Acep Zamzam Noor, Agus R Sarjono, Ahmad Gaus, Berthold Damshauser, Joni Ariadinata, Maman S Mahayana, dan Nenden Lilis Aisyah.

Ketua tim 8 Jamal mengatakan 33 tokoh sastra yang paling berpengaruh itu adalah hasil seleksi panjang yang dilakukan oleh tim 8 pada tahun 2013. Setelah melalui perdebatan akhirnya tim 8 menetapkan 4 kriteria untuk memilih 33 tokoh sastra paling berpengaruh.

Empat kriteria itu, pertama pengaruhnya tidak hanya berskala lokal, melainkan nasional, kedua pengaruhnya relatif berkesinambungan, dalam arti tidak menjadi kehebohan temporal atau sezaman belaka, ketiga dia menempati posisi kunci, penting dan menentukan, keempat dia menempati posisi sebagai pencetus atau perintis gerakan baru yang kemudian melahirkan pengikut, penggerak, atau bahkan penentang.

Tokoh yang terpilih mulai dari Kwee Tek Hoay (1886-1952), Pramoedya Ananta Toer, Chairil Anwar, HB Jassin sampai sampai dengan Helvy Tiana Rosa yang lahir tahun 1970. Tim 8 juga memilih aktivis yang menggerakan Indonesia Tanpa Diskriminasi melalui karya sastra, dan sebenarnya tak berminat menjadi penyair, Denny JA, yang karyannya "Atas Nama Cinta"baru terbit tahun 2012, ujar Jamal, seperti dikutip dari Antara News.

Foto : tokoedu.com

Category: