Berita Terpilih

2030 Anak Usia Dini Terlayani PAUD

Thu, 03/17/2016 - 17:10 -- nofrilawati

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan pada tahun 2030 seluruh anak usia dini di Tanah Air terlayani Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Target Agenda Pendidikan 2030 untuk PAUD adalah memastikan seluruh anak laki-laki dan perempuan memperoleh akses terhadap perkembangan, perawatan dan pendidikan pra-SD (PAUD) yang bermutu," ujar Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Ditjen PAUD dan Dikmas, Ella Yulaelawati, dikutip dari Antara News.

Kemdikbud mendorong para guru dan tenaga kependidikan di PAUD yang jumlahnya mencapai lebih dari 600 ribu mampu mengimplementasikan Kurikulum 2013 agar terdapat kesamaan persepsi dan standar dalam menyelenggarakan PAUD.

"Persepsi yang sama dalam implementasi kurikulum sangat penting artinya, mengingat sebagai jenjang paling dasar Kurikulum PAUD 2013 diharapkan menjadi fundamental bagi penyiapan peserta didik agar lebih siap dalam memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi," ungkap Ella.

Untuk mencapai sasaran tersebut Kemdikbud akan melibatkan masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan layanan PAUD terutama di daerah pedesaan, katanya.

Selain itu, pemerintah juga mendorong kabupaten/kota yang telah mencapai angka partisipasi kasar (AKP) PAUD di atas 75 persen untuk dapat mendorong anak-anak usia lima tahun mengikuti program PAUD dengan standar yang berkualitas.

Foto : worldbank.org

Category: