Berita Terpilih

2015 Lulusan SMK Bersertifikasi

Fri, 10/24/2014 - 18:47 -- nofrilawati

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan sertifikat keahlian kepada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mulai tahun 2015. Pemberian sertifikat merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan sumber daya manusia Indonesia agar siap bersaing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Memasuki era MEA maka lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga harus disiapkan agar mampu bersaing dengan tenaga kerja asing yang bebas masuk ke Indonesia, kata Direktur Pembinaan SMK Ditjen Pendidikan Menengah Kemdikbud, Mustaghfirin Amin, dikutip dari Antara News.

Sertifikat profesi lulusan SMK itu akan diakui negara-negara ASEAN. Dengan pemberlakuan MEA, muncul komitmen dari seluruh negara anggota ASEAN untuk mengakui sertifikat keahlian di masing-masing negara, ujarnya.

Secara bertahap penerapan sertifikasi terus ditingkatkan kualitasnya. Jadi lulusan SMK selain memiliki ijazah juga sertifikat kompetensi. Sertifikasi akan dilaksanakan untuk 128 paket keahlian, katanya.

Dengan adanya program sertifikasi ini, Kemendikbud terus melakukan perbaikan kualitas pembelajaran. Pada tahun 2014 Kemendikbud membangun 3.100 ruang kelas baru SMK dan membantu pendirian 35 unit SMK baru di seluruh Indonesia.

Foto : siapbelajar.com