Berita Terpilih

150 Karya Budaya Jadi Warisan Budaya Takbenda

Thu, 10/27/2016 - 15:43 -- nofrilawati

Sebanyak 150 karya budaya ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda. Salah satu diantaranya adalah Gado-gado dan Soto Betawi.

150 karya budaya yang ditetapkan tersebut merupakan hasil seleksi dari 474 karya budaya yang masuk pada tahun ini.

Gado-gado dan soto Betawi ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2016, kata Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly, dikutip dari Antara News.

Banyak karya budaya yang gagal masuk ke tahap akhir karena kurang lengkapnya berkas, katanya.

"Kegiatan penetapan ini bertujuan untuk melindungi budaya takbenda di Tanah Air. Setelah ditetapkan, maka pemerintah daerah berkewajiban melindungi dan melestarikan karya budaya tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda Indonesia Pudentia MPSS mengatakan gado-gado Betawi ditetapkan menjadi Warisan Budaya karena memiliki sejarah panjang. Pasalnya suku Betawi berasal dari berbagai macam etnis sepeti Portugis, China, Jawa, Sunda, dan Betawi itu sendiri.

Diantara Karya budaya lainnya yang masuk dalam daftar Warisan Budaya Takbenda adalah Debus Indragiri dari Riau, Gambang Kromong-Rancag dari DKI Jakarta, Tari Piring dari Sumatera Barat, dan sebagainya.

Foto : Bisnis.com

Category: